Home » » Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android - Untuk anda yang menyukai travelling pastinya memerlukan navigasi berupa peta agar dapat mengetahui jalan yang belum pernah dilaluinya. Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps sebagai navigasinya dengan menggunakan koneksi internet sesuai provider yang anda gunakan. Namun bagaimana jika paket data yang anda miliki habis dan tidak memungkinkan untuk membeli pulsa?

Nah inilah dia cara terbaru yang harus anda ketahui dalam menggunakan Google Maps secara offline tanpa koneksi internet. Sebagian orang mungkin berpikiran bahwa untuk menggunakan Google Maps haruslah tersambung kedalam jaringan internet. Kabar baiknya bahwa terdapat beberapa orang yang sudah berhasil mengoperasikan Google Maps tanpa kuota dibeberapa tempat. Untuk itu Vitdroid disini akan memberikan trik tersebut untuk disebarluaskan kepada publik termasuk anda untuk dapat mempraktekan cara ini.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android

Fitur-fitur lainnya yang disediakan oleh Google untuk Maps adalah Review tentang keakuratan sebuah tempat dan lokasi area yang telah anda kunjungi agar orang lain yang menggunakan aplikasi google maps ini juga bisa mendapat informasi tambahan tentang tempat tersebut, selain itu ada fitur Save Maps Favorite menyimpan tempat favorit yang pernah anda kunjungi dengan menggunakan PIN berfungsi untuk mengingatkan anda agar tidak perlu lagi mencari lokasi dengan menggunakan fitur Search. Masih banyak lagi fitue menarik lainnya namun hanya itu saja yang dirasa banyak disukai para pengguna.

Kembali lagi membahas cara menggunakan google maps offline maka fitur ini akan sangat berguna dan bermanfaat bagi anda yang bekerja diluar lapangan, seperti (Driver, Mekanik, Petugas Lapangan) dan lain sebagainya untuk mencari lokasi tujuan. Oke langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Download dan Menyimpan Lokasi Google Map Di Android

  • Jika saat ini anda tidak menggunakan fitur auto update di play store, lakukan update terlebih dahulu terhadap aplikasi google map. Caranya, "buka play store -> tekan tombol menu -> my apps -> installed lalu cari Google maps -> kemudian lakukan update secara manual".
  • Buka aplikasi Google map lalu gunakan Search untuk mencari tempat atau lokasi yang diinginkan.
  • Jika sudah menemukan area yang dituju, tap lalu tekan selama 3 detik lokasi yang ingin disimpan sampai muncul "Dropped pin".
  • Gulirkan ke atas lalu tap "Save map to use offline"
    Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android
  • Pada "Save this map?", tap Save dibagian bawah.
  • Berikan nama, sebagai contoh disini saya ingin menyimpannya dengan nama “Tujuan, map ini offline!”. Terakhir tap Save lalu tunggu hingga selesai mendownload peta dari area tersebut.

Cara Membuka dan Menggunakan Google Map Offline di Android

  • Buka aplikasi Google map lalu tap Menu » Your places.
  • Gulirkan ke bawah lalu tap nama peta yang sudah tersimpan.
    Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android
  • Map tersebut akan tersimpan selama 30 hari dihitung dari tanggal awal anda menyimpannya. Tidak usah khawatir, aplikasi tersebut akan memberitahukan kepada anda secara otomatis setelah lewat dari 30 hari. Andapun bisa memperbaharuinya secara manual, menghapusnya atau rename dari map yang sudah tersimpan tersebut dengan membuka View all and manage pada offline map dari menu.
    Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android
  • Sebagai tips tambahan, sebaiknya anda mendownload area map menggunakan koneksi wi-fi jika peta lokasi dari sebuah area yang ingin disimpan berukuran besar agar tidak gagal dalam proses donwload. Itulah, cara mudah menyimpan google map dan menggunakannya secara offline di Android.
Nah itulah Trik Menggunakan Google Maps Offline di Android yang bisa anda lakukan untuk menikmati fitur tersebut. Demikianlah artikel kali ini semoga bermanfaat dan selamat travelling.

0 komentar:

Posting Komentar